jump to navigation

Adakah Al-Qur’an Berbicara Tentang Komputer ? (REDAKSI) 15 September 2008

Posted by Admin FTSI in REDAKSI.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Dalam sebuah Seminar Sains MIPA yang diadakan oleh Dept. Dakwah FORKALAM dengan mengundang dosen-dosen MIPA dari bidang biologi, ilmu komputer dan kimia. Dengan mengambil tema seminar “Adakah Al-Qur’an Berbicara Tentang Komputer ?”, membahas tentang isi kandungan al-qur’an yang menyinggung tentang adanya computer dan keilmuannya, dari materi yang disajikan panjang lebar, dapat kami simpulkan sebagai berikut :

PEMATERI DARI ILMU KOMPUTER :

Untuk secara eksplisit, saya belum menemukan ayat yang berbicara tentang komputer, akan tetapi untuk yang secara implisit ada banyak sekali, antara lain :

”Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.” (QS. Al Ankabut : 43)

Makna dari ayat ini adalah perintah dari ALLAH Azza Wa Jalla agar kita sebagai orang yang berilmu (insya ALLAH) harus selalu belajar dan berusaha untuk memaknai dan memahami ayat-ayat ALLAH, baik ayat yang secara langsung terulis di Al Quran maupun ayat yang terdapat dalam alam ini.

PEMATERI DARI BIOLOGI :

Untuk apa kita mencari ayat-ayat berbicara tentang komputer, toh Al Quran Sebagai berita ”Dunia dan Akhirat” menghadirkan ayat-ayat yang jauh lebih hebat dibandingkan dengan kehebatan computer, salah satunya adalah berita dari ALLAH tentang penggam-

baran kejadian hari kiamat nanti yang tertera dalam firman-Nya

QS. At Takwir, Subhanallah, Maha Benar ALLAH dengan segala

firman-Nya…

Itulah jawaban pemateri dan moderator pun menambahkan bahwa memang belum ada dan tidak akan pernah ada ayat Al Quran yang menerangkan secara eksplisit tentang Komputer (Wallahu’alam Bishawab).

Ada pula yang berpendapat jawaban dari segi yang lain yaitu tentang adanya ilmuwan Islam yang sangat berjasa dalam proses penciptaan komputer secara tidak langsung, yaitu Al Khwarizmi , ilmuwan yang menemukan angka 0 dan 1. Ya, komputer dengan segala kehebatannya ternyata hanya memiliki 2 kunci, yaitu angkan 0 dan 1 (bilangan biner pada bahasa mesin).

Jawaban di atas semuanya menarik. Dapat diambil kesimpulan bahwa begitu tingginya ilmu dan akal dalam agama yang sempurna ini, begitu banyak ayat yang menyatakan tentang 2 hal ini. Ayat-ayat ALLAH hanya akan menjadi petunjuk bagi orang yang mempunyai akal sebagaimana firman-Nya QS. Ali Imron : 7

”Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal”

Jadi, komputer juga merupakan salah satu hasil ilmu pengetahuan yang harus kita pelajari dengan baik (khususnya dibidang Sistem Informasi), karena dengan itu insya ALLAH kita dapat memaknai beberapa ayat yang disebutkan di atas. Tentunya kita masih dan akan selalu ingat firman ALLAH dalam QS. Al-Mujadilah : 11 tentang keistimewaan orang-orang yang berilmu.

Wallahu A’lam Bisshowab…

Laa Haula Wala Quata illa Billah….

Berbagai Sumber

REDAKSI (Resensi Dakwah Islami) Edisi Khusus Ramadhan

15 Ramadhan 1429 H

About these ads

Komentar»

1. Achmad Muritno - 4 September 2010

Surat Yassiin ayat 12 :
Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).

ayat ini menginspirasikan dibuatnya database server (komputer server), semua aktifitas pada komputer client akan tercatat pada komputer induk (server)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: