jump to navigation

Membuka Pintu Surga Dengan Teknologi Informasi (Redaksi II) 24 September 2008

Posted by Admin FTSI in REDAKSI.
trackback

Alhamdullillah, teknologi informasi & internet saat ini telah banyak memudahkan & memungkinkan banyak hal, batasan ruang, waktu menjadi hilang. Silaturahmi dapat dilakukan kapan saja. Ukhuwwah Islamiyah menjadi lebih berkualitas seiring frekuensi interaksi bebas hambatan yang dilakukan. Pemahaman arti Islam mengakar, tidak dogmatik yang sulit diterima logika.

Internet mungkin bisa menjadi tempat yang paling baik untuk mempererat ukhuwwah islamiyah, berbagai forum & komunitas menjamur secara aktif mengajak umat untuk bersilaturahim.

Julukan internet sebagai “gudang ilmu pengetahuan”, “perpustakaan terbesar di dunia” atau “sumber segala informasi yang dapat diakses siapa saja, kapan saja dan dimana saja” tampaknya tak berlebihan. Kini berbagai macam situs di internet dengan berbagai macam materi dan topik sudah bisa dijadikan bahan untuk memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan, termasuk ilmu agama islam dengan berbagai cabang keilmuannya (Al-Qur’an, Fiqh, Tauhid, dll.) yang bisa dinikmati hanya dengan satu kali klik saja.

Belajar ilmu agama

www.myquran.com , www. pesantrenvirtual.com & www.al-islam.com adalah segelintir situs di internet yang memungkinkan kita berinteraksi sesama umat sambil mempertebal Iman. Beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan pada saat surfing di situs tersebut, seperti mendengarkan Al Qur’an, hadits, Pengajian online serta berkumpul dengan komunitas muslim lainnya serta mengambil literatur-literatur keagamaan yang relevan sesuai dengan kebutuhan.

Disamping media online di internet, terdapat pula perangkat-perangkat lunak yang menyajikan content islami guna pembelajaran dan pengetahuan, seperti Al-Qur’an Digital, Kumpulan Hadits, Athan & Shollu (software penginta waktu sholat), serta program-program aplikasi lainnya termasuk kitab-kitab kuning / kitab salafi digital (exp. “Al-Maktabah al-Syamilah”).

Belajar ilmu komputer

Bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu komputer salah satu situs lokal yang paling terkenal adalah www.ilmukomputer.com. Disamping masih ada beberapa situs lain yang dapat dijadikan acuan dalam belajar ilmu computer, diantaranya : www. komputeraktif.com , www.klik-kanan.com , dan www.infokomputer.com.

Dan masih banyak lagi hal yang dapat kita lakukan dengan teknologi informasi khususnya internet ini, bahkan bukan zamannya lagi kita fobia ataupun negative thinking (Syu’udzon) dengan hadirnya internet ditengah-tengah kita. Karena kita harus sadar bahwa esensi dari sebuah teknologi adalah tergantung dari pemanfaatannya (Teknologi memiliki nilai bebas), ketika kita memanfaatkannya untuk hal-hal negative/maksiat maka hasil/konsekuensi yang kita dapat adalah dosa, akan tetapi ketika kita mampu memanfaatkan teknologi informasi tersebut untuk hal yang positif sesuai dengan norma ajaran agama islam, maka konsekuensi yang kita dapatkan adalah pahala bahkan lebih-lebih dengan Teknologi Informasi tersebut kita dapat meraih surga.

Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim. (Al ‘Ankabuut : 49)

Lengkap lah sudah fasilitas yang kita butuhkan untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan. Semoga tulisan ini dapat membantu dalam mempertebal Iman kita semua secara effisien dengan memanfaatkan media berbasis teknologi informasi.

Wallahu A’lam Bisshowab…

Yazid & Rusly (red)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: